Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Pencegahannya

(Foto: tanyapepsodent.com)

VIRAL12JAM.COM | Cara Menghilangkan Karang Gigi - Karang gigi adalah kondisi di mana terdapat lapisan seperti kotoran yang terletak di gigi dan sulit untuk dihilangkan kendati sudah dibersihkan atau disikat.

Karang gigi sendiri disebabkan oleh adanya plak yang mengeras dan tidak mendapatkan penanganan. Dikutip dari berbagai sumber, plak gigi termasuk salah satu masalah gigi yang paling banyak ditemui. Sayangnya, tak banyak yang sadar jika mereka sedang memelihara plak gigi di mulutnya. Sebab, plak gigi kadang tidak terasa sakit sehingga penderita tak merasa kalau ada yang salah dengan kesehatan giginya.

Faktor utama penyebab timbulnya plak gigi ini adalah malas menggosok gigi atau membersihkan gigi. Tanpa rutinitas membersihkan gigi atau sikat gigi yang baik, plak gigi akan menumpuk dengan cepat dan menjadi tebal, kemudian mengeras.

Umumnya plak gigi mulai muncul sekitar 4 hingga 12 jam setelah terakhir menggosok gigi. Jadi, apabila dibiarkan terlalu lama, maka plak akan menebal dan menjadi karang gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi
Sebelum plak gigi makin parah hingga menjadi karang gigi serta mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan gigi lainnya, ada baiknya menyimak cara menghilangkan karang gigi berikut ini.

1. Menyikat Gigi
Sepele, namun menyikat gigi adalah cara termudah dan paling simpel untuk membersihkan plak gigi. Perhatikan tiap sudut maupun sela-sela gigi dengan gusi, biasanya plak bersembunyi dengan baik di sana.

2. Menggunakan Dental Floss atau Benang Gigi
Dental floss atau benang gigi bisa membantu Anda untuk membersihkan sela-sela gigi. Benang gigi terbukti 40% lebih ampuh untuk menghilangkan plak gigi dibanding sekedar menyikat gigi saja. Kebanyakan sikat gigi hanya membersihkan sebagian plak saja, namun tidak bisa menyeluruh karena sikat gigi tergolong kaku. Sementara jika menggunakan benang gigi, bisa membentuk benang sesuai dengan bentuk gigi sehingga mampu menyapu secara merata seluruh permukaan gigi.

Untuk mencegah terbentuknya karang gigi sebaiknya sikat gigi secara rutin, hindari makanan dan minuman manis, kurangi ngemil, berhenti merokok, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Sikat gigi secara secara teratur bisa mengurangi timbunan plak gigi di dalam mulut. Gosok gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu sebelum tidur malam dan satu jam setelah sarapan pagi. Selain waktu-waktu itu, menggosok gigi bisa dilakukan setelah makan besar dan saat banyak makanan tersangkut di sela-sela gigi.

Pastikan selalu menggunakan pasta gigi ber-flouride supaya gigi lebih terlindungi. Flouride dikutip dari tanyapepsodent.com adalah mineral yang berfungsi untuk mengikat enamel gigi sehingga permukaan gigi menjadi lebih keras dan tahan terhadap serangan asam dari bakteri.

Selain menggosok gigi, bisa juga membiasakan diri untuk menggunakan dental floss dan mouthwash. Dengan begitu, kebersihan gigi dan mulut bisa terjaga secara maksimal. Untuk penggunaan dental floss, tidak perlu setiap kali menggosok gigi. Cukup gunakan sekali sehari saja. Namun jika merasa kurang nyaman dan ingin kebersihan gigi selalu terjaga, bisa dilakukan setiap kali selesai makan makanan berat.

Selain itu, kebiasaan ngemil ternyata juga bisa memberi penumpukan plak gigi yang berujung menjadi karang gigi. Biasanya saat ngemil, tidak sadar sudah berapa banyak makanan yang masuk ke dalam mulut.

Bukan itu saja, biasanya saat ngemil tidak sadar jenis-jenis makanan seperti apa yang masuk dan mempunyai kemungkinan menyebabkan pertambahan plak yang cukup banyak atau tidak. Karena itu, mengurangi ngemil bisa membantu menghindari munculnya plak pada gigi.
Topik: Sponsor / Tips
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas