Konten Akun YouTube Calon Sarjana Diduga Hasil Plagiat

(Foto: Youtube)

VIRAL12JAM.COM - Akun YouTube Calon Sarjana tengah jadi sorotan publik. Pasalnya akun Twitter @JTonYouTube mengungkap bahwa Calon Sarjana mencuri konten miliknya tanpa memberi kredit, bahkan menggunakan thumbnail video yang sama yang ditambahi emoji dan watermark.

Tindakan yang dilakukan JT kepada Calon Sarjana tidak hanya lewat Twitter, tapi juga lewat video yang diunggah di channel YouTube-nya. JT menjelaskan semua bagian video, termasuk screenshot dan thumbnail, dicomot oleh Calon Sarjana dengan narasinya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Baca: Reaksi YouTuber PewDiePie saat Disebut Pelaku Penembakan Selandia Baru

Begitu JT mengungkap kelakuan Calon Sarjana, tak pelak warganet pun ramai-ramai menghujat.

Sekedar informasi, Calon Sarjana pertama kali gabung di YouTube pada 19 Januari 2016. Hanya 3 tahun setelah bergabung, mereka berhasil memiliki 12,4 juta subscriber.
Video-video yang diunggah akun ini kebanyakan berupa clickbait, telah ditonton sebanyak 2,5 miliar kali. Rupanya mereka merupakan channel yang dikelola oleh grup Infia, yang juga mengelola beberapa akun media sosial seperti @Dagelan.
Selain itu, Calon Sarjana juga memiliki saudara lainnya yang masih berada dalam satu atap, yang disebut Sarjana Ghoib. Channel lainnya antara lain Calon Sutradara, Calon Atlet, Calon Professor dan Calon Ilmuwan.

Baca: Baekhyun EXO Buka Kanal YouTube, Ini Vlog Pertamanya

Sama seperti Calon Sarjana, channel-channel ini juga memiliki jumlah subscriber yang tak sedikit. Contohnya channel Calon Ilmuwan yang mempunyai 2,43 juta subscriber.
Sementara itu, JT langsung mengajukan copyright strike karena hak ciptanya dilanggar kepada YouTube. Video contekan yang diunggah Calon Sarjana pun akhirnya dihapus dan mereka telah meminta maaf ke JT.

JT menekankan bahwa Calon Sarjana masih mempunyai ratusan video yang dicomot dari kreator lain. Ia mengaku bahwa permintaan maaf ini hanya dilakukan Calon Sarjana karena mereka merasa terancam.

Topik: Calon Sarjana / Hiburan / YouTube / YouTuber
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas