Virus Bernama Xhelper Infeksi Puluhan Ribu Ponsel

Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia) 

VIRAL12JAM.COM - Perusahaan antivirus Symantec membongkar eksistensi virus berkedok aplikasi Android yang bernama Xhelper. Virus ini ternyata telah menginfeksi lebih dari 45 ribu perangkat dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

Malwarebytes Labs menemukan keberadaan virus ini pada Maret 2019 dan meyakini sebagai Trojan yang menginfeksi smartphone Android. Virus ini kebanyakan menyasar pengguna di India, Amerika Serikat, dan Rusia.

Baca: FaceApp Pro Palsu Mengancam Banyak Pengguna

"Dalam sebulan terakhir saja, rata-rata ada 131 perangkat terinfeksi setiap harinya dan rata-rata 2.400 perangkat yang terus menerus terinfeksi sepanjang bulan," tulis tim peneliti, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Selain itu, MalwareBytes memperkirakan ada 33 ribu perangkat yang akan terkena dampak dalam kurun waktu dua bulan.
Berbeda dengan virus kebanyakan, Xhelper mampu menyembunyikan dirinya dari pengguna. Meskipun pengguna sudah melepas (uninstall), namun virus ini akan memasang kembali (reinstall) sendiri dan didesain untuk tetap tersembunyi dari sistem.

"Kami menemukan unggahan pengguna soal Xhelper di forum daring yang mengeluhkan iklan yang muncul secara acak. Disamping itu juga soal bagaimana virus tetap muncul meski sudah dilepas (uninstall) secara manual," tulis tim keamanan siber seperti dilansir dari blog resmi Symantec.
Topik: Smartphone / Virus / Xhelper
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas