Harga PlayStation Bisa Naik Gara-gara Perang Dagang AS-China

PlayStation 4 (Foto: Shutterstock)

VIRAL12JAM.COM - Sony mengingatkan para pencinta PlayStation agar menyiapkan dana yang lebih besar jika ingin membeli konsol game itu di masa mendatang.

Dalam penjelasannya, Sony mengatakan bahwa situasi perang dagang antara AS dan Tiongkok yang semakin memanas membuat harga PlayStation terpaksa harus naik.

Pasalnya, pemerintah AS era Donald Trump berencana membebankan tarif tambahan terhadap aneka produk impor dari China yang bernilai total sebanyak USD 300 miliar. Konsol video game diketahui adalah salah satu jenis barang yang akan dikenai tarif tambahan itu.

Baca: Tanpa Koneksi ke TV, Nintendo Switch Lite Resmi Rilis
Ini bukan kali pertama pemerintah AS memberlakukan tarif ekstra untuk setiap barang yang diimpor dari China. Sebelumnya, Trump pun telah menaikkan tarif impor dari 10% menjadi 25% terhadap barang impor dari Tiongkok senilai USD 200 miliar.

Untuk mengantisipasi adanya tarif tambahan tersebut, Sony mengatakan mempunyai sejumlah opsi, termasuk membebankan biaya tambahan kepada konsumen.

"Karena itulah kami telah memberi tahu pemerintah AS bahwa tarif yang lebih tinggi pada akhirnya akan merusak ekonomi AS itu sendiri," ujar Kepala Keuangan Sony, Hiroki Totoki, seperti dilaporkan Kompas.com.

Baca: PES 2019 dan Horizon Chase Turbo Segera Hadir di PS4

The Verge melansir, Kamis (1/8/2019), Sony juga telah bekerja sama dengan Microsoft dan Nintendo pada Juni lalu untuk membuat pernyataan penolakan kepada tarif impor yang bakal diberlakukan AS terhadap China.
Melalui sebuah surat yang ditujukan kepada Kantor Perwakilan Dagang AS, ketiga vendor konsol game tersebut mengatakan bahwa tarif yang berlaku bakal mengganggu bisnis mereka secara signifikan.

Dalam surat sepanjang tujuh halaman itulah, konsumen juga diperkirakan akan dibebani biaya sebesar USD 840 juta yang dialihkan langsung kepada mereka. Sebanyak 200.000 pekerjaan pun terancam atas kebijakan ini.

Sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengindari tarif selain dengan melayangkan protes ke pemerintah AS, yaitu dengan memindahkan pabrik ke luar Tiongkok.

Langkah ini sudah dilakukan lebih dulu oleh Nintendo yang memindahkan produksi konsol Switch dari China ke Asia Tenggara. Sony dan Microsoft belum mengambil langkah yang sama.

Gara-gara tarif tambahan, ada kemungkinan harga PlayStation 5 yang kabarnya akan diriilis tahun 2020 mendatang bakal melambung.
Topik: Game / PlayStation / Teknologi
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas