Soal Benjolan di Leher, Ini Penjelasan Lengkap Raffi Ahmad

Raffi Ahmad bersama istrinya Nagita Slavina mendatangi kediaman ibunda Baim Wong di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2019). - Kompas.com

VIRAL12JAM.COM - Presenter Raffi Ahmad mengalami gangguan kesehatan pada lehernya. Raffi menderita pembengkakan sampai harus menjalani operasi.

Hal itu terungkap dalam sebuah video berjudul "Hot News! Ada Benjolan dan Luka di Tenggorokan, Raffi Ahmad Sakit Apa?" di kanal YouTube Cumicumi pada Rabu (3/7/2019), seperti dilansir Kompas.com.

Setelah menjalani operasi, dia harus beristirahat selama enam bulan tidak boleh bekerja. Raffi sempat khawatir masalah kesehatan ini bakal menganggu profesinya.

Atas permasalahan itu, Raffi lalu mengunggah kembali penjelasan terkait kesehatan yang dirasakannya, mulai penyebab hingga gejala-gejalannya.

Baca: Nagita Slavina Bolehkan Raffi Ahmad Nikah Lagi Tapi Ini Syaratnya
1. Masalah kesehatan saat drop
Dalam akun YouTube miliknya yang berjudul "Klarifikasi Penyakit Raffi, Benjolan Membuat Stresss!!!", didampingi istrinya Nagita Slavina, Raffi mengungkap penyakit yang tengah dideritanya.

Ia mengatakan, penyakit itu muncul di saat kondisi Raffi sedang tidak baik. "Untuk terkait masalah kesehatan dan memang aku juga lagi agak-agak drop," katanya.

Sebelumnya, Raffi menduga penyebab benjolan tersebut karena terlalu memforsir pekerjaanya sejak usia 19 tahun.

2. Suara modal utama
Sebagai pekerja yang banyak bergelut dalam memandu acara, modal utama Raffi adalah suara. Saat suara ada masalah, otomatis menganggu profesi pekerjaannya itu.

"Sebenarnya suaranya. Aku kan sekarang jadi host kerjaannya ngomong, saat ada satu kendala ya mudah-mudahan sih bukan sesuatu yang gimana," ujar Raffi.
Baca: Gisella Anastasia Balas Komentar Gading Marten Setelah Dihujat

3. Fase bengkak
Ada fase di mana bila suaranya habis, pada sorenya leher sebelah kiri Raffi akan mengalami bengkak. "Kalau sudah sore tuh suka bengkak sebelah sini (kiri). Memang benar (bengkak), tapi bukan benjolan sebenarnya tapi bengkak," tuturnya.

4. Periksa lanjutan
Akibat benjolan itu, dia pun harus lebih peduli terhadap kesembuhannya. Raffi juga harus rutin menjalani prose pemulihan.

Ia mengaku harus menjalani pemeriksaan lanjutan atas bengkak di lehernya itu. "Kita mau ke dokter mungkin minggu depan lah ya kita ke dokter lagi," ujar Raffi.
Topik: Raffi Ahmad / Selebriti Indonesia
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas