Eks Engineer Nokia Ungkap Penyebab Kegagalan Windows Phone

(Foto: Cnet)

VIRAL12JAM.COM - Banyak orang bertanya-tanya terkait penyebab kegagalan Windows Phone. Padahal sistem operasi karya Microsoft ini punya banyak pengguna yang cukup loyal.

Seorang mantan engineer Nokia mencoba mengungkap alasan Windows Phone kurang sukses di pasaran. Sosok engineer ini mengaku sudah bekerja di Nokia sebelum dan sesudah akusisi oleh Microsoft.

Dikutip dari laman Mspoweruser, Senin (29/7/2019) sang engineer menyebut ada empat alasan yang menurutnya menjadi kunci kegagalan smartphone Windows Phone.

Baca: Bill Gates Ungkap Kesalahan Terbesarnya, Tak Bisa Kalahkan Android

1. Meremehkan Google
Microsoft melihat Google sebagai pemain baru bukanlah sebagai ancaman. Bagi perusahaan yang bermarkas di Redmond itu lawan terberat mereka adalah Apple.
Android pada awal-awal memang tidak begitu menarik, tetapi layanan Google yang lengkap membuat berbeda. Ketika Google menarik dukungan YouTube, Google Maps dan Gmail, membuat perangkat Windows Phone menjadi kurang bernilai.

2. Windows 8
Microsoft mencoba menghadirkan perubahan besar pada Windows 8 agar bisa mendukung dengan layar sentuh. Mereka memperkenalkan user interface Metro.

Baca: Microsoft Surface PC Mampu Operasikan Aplikasi Android

Sayangnya banyak yang menilai Metro menghadirkan pengalaman tidak bagus. Meski pihak Microsoft sudah memperbaikinya pada Windows 10, stigma buruk pada Metro belum juga pulih.

3. Reputasi Microsoft
Pada saat ini banyak anak muda yang tidak begitu suka dengan Microsoft. Mereka coba membuat startup untuk menghadirkan platform lain.

4. Loyalitas
Banyak yang menilai aplikasi yang ada di Windows Phone kurang menarik. Kondisi itu tentu berbeda dengan iOS dan Android.

Ini yang membuat banyak orang enggan melirik ataupun migrasi ke Windows Phone. Belum lagi semakin banyak developer yang mengembangkan aplikasi untuk kedua platform tersebut.

Lambat laun iOS dan Android terus menggerus pangsa pasar Windows Phone. Dan pada akhirnya Microsoft menghentikan sistem operasi mobilenya tersebut.
Topik: Microsoft / Smartphone / Teknologi / Windows Phone
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas