Setya Novanto Ditempatkan di Ruang Isolasi Lapas Gunung Sindur

Foto terpidana kasus korupsi Setya Novanto yang beredar di dunia maya, kepergok sedang pelesiran di suatu toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6/2019). - Istimewa

VIRAL12JAM.COM - Setya Novanto, narapidana perkara korupsi ini ditempatkan di ruang isolasi Lapas Gunung Sindur, Bogor setelah kepergok pelesiran di sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

"Pertama diisolasi dulu. Bloknya belum tahu saya. Nanti saya konfirmasi," ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Abdul Aris saat dihubungi, seperti dilansir dari Kompas, Sabtu (15/6/2019).

Aris menjelaskan, bekas ketua DPR itu telah dipindahkan dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Lapas Gunung Sindur Bogor pada Jumat (14/6/2019) pukul 22.30 WIB dan tiba pada Sabtu (15/6/2019).

Baca: Kasus Hibah KONI, KPK Tunggu Putusan Hakim soal Nasib Menpora

Ia mengatakan, Novanto terbukti menyalahgunakan izin berobatnya di Rumah Sakit Santosa Bandung.
"Merujuk pada perbuatannya sendiri, pelanggaran yang sudah ia lakukan. Kita kasih izin berobat, dua hari berobat benar, mau pulang bertingkah. Tindakan itu kita ambil karena sudah dua kali, tempo hari sekali di rumah sakit, ini kedua kali. Ini syok terapi bagi yang lain juga," kata Aris.

Diberitakan sebelumnya, terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto, dipindah dari Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat, ke Rutan Gunung Sindur di Kabupaten Bogor, Jumat (14/6/2019). Novanto dibawa keluar dari Lapas Sukamiskin pada pukul 22.30 WIB.

Baca: Jokowi Tunjuk 9 Pansel Calon Pimpinan KPK Periode 2019-2023

Pemindahan dilakukan malam itu juga setelah foto pria yang diduga Novanto sedang pelesiran di Kabupaten Bandung Barat, beredar luas, Jumat.

Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak menyebut, terpidana 15 tahun penjara itu dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur yang memiliki pengamanan ekstra ketat.
Ia mengatakan, Lapas Gunung Sindur merupakan lapas dengan mayoritas narapidana kasus teroris, bandar narkoba maupun korupsi.

"Malam ini Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur supaya pengamanannya super maksimum karena menurut saya ini perlu dilakukan. Di Lapas Gunung Sindur pengamanan ekstra ketat, mayoritas warga binaan kasus terorisme," ungkap Liberty di Lapas Sukamiskin Bandung, Jalan AH Nasution, Jumat (14/6/2019).

Ia membenarkan bahwa pemindahan itu adalah buntut dari beredarnya foto Novanto. Namun, Liberty dengan tegas membantah pemindahan tersebut merupakan akumulasi dari kejadian sebelumnya.
Topik:
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas