Layanan Google Termasuk YouTube Down Selama 5 Jam

(Foto: Istimewa)

VIRAL12JAM.COM - Beberapa layanan populer besutan Google seperti Search, Gmail, Google Drive, YouTube dan lainnya dilaporkan sempat mengalami down. Lima jam setelahnya Google mengumumkan menangani masalah tersebut, layanannya kembali normal.

Beberapa pengguna di Amerika Serikat mengaku tidak bisa mengakses deretan aplikasi tersebut di atas, juga layanan Google lain, termasuk pengontrol suhu Google Nest.

Situs pendeteksi layanan online DownDetector, pengguna mulai mengeluhkan error layanan Google pada Minggu pukul 3:25 sore waktu setempat. Beberapa wilayah yang terdampak cukup parah ada di bagian wilayah utara AS, sebagian wilayah Texas, dan California Selatan.

Baca: Google Coret Smartphone Huawei Ini dari Laman Android Q

Beberapa wilayah Eropa pun dikabarkan terdampak, seperti Inggris, Jerman, dan Austria. "Kami mengalami masalah kemacetan jaringan tingkat tinggi di Amerika bagian timur, memengaruhi beberapa layanan Google Cloud, G Suite, dan YouTube. Pengguna mungkin mengalami pelambatan kinerja atau eror terputus-putus," terang Google.

Beberapa layanan berbasis Google lainnya kian banyak dikeluhkan error, di antaranya adalah Snapchat, Vimeo, dan Discord. Pengguna melaporkan layanan kembali pulih mulai pukul 19.00 sore waktu setempat.

Baca: Ikuti Google dan Intel, Panasonic Jegal Huawei

"Masalah kemacetan jaringan di Amerika bagian timur yang memengaruhi Google Cloud, G Suite, dan YouTube telah diperbaiki untuk semua pengguna terdampak pada pukul 16.00 di AS/Pasific," klaim Google, melansir dari KompasTekno dari Phone Arena, Senin (3/6/2019).
"Kami akan melakukan post mortem dan membuat peningkatan yang lebih baik bagi sistem kami untuk mencegah kejadian ini terjadi lagi. Kami memohon maaf kepada yang terdampak masalah yang tejadi hari ini" tutur Google.

Kendati begitu, kejadian ini bisa menjadi pertimbangan para perusahaan yang menggantungkan layanan cloud Google. Dilansir dari Tech Crunch, banyak perusahaan yang mengandalkan seluruh sistem backend-nya hanya di satu perusahaan saja, seperti Google.

Keuntungannya memang lebih banyak, terutama pada kemampuan operasional yang lebih mudah, tapi risiko semacam ini bakal tetap mungkin terjadi.

Saat layanan cloud semakin berkembang ke depannya, perusahaan harus memikirkan rencana lain bila saja layanan cloud andalannya mengalami error.
Topik: Google / Teknologi / YouTube
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas