Shalat Jumat, Muslim di Selandia Baru Dilindungi Rantai Manusia

Warga Selandia Baru berdiri bersama-sama dan membentuk 'rantai manusia' di luar masjid Wellington untuk mendukung komunitas muslim. (Foto: Reuters) 

Viral12jam.com - Saat umat Muslim kembali ke masjid untuk shalat Jumat pasca teror pekan lalu, warga Selandia Baru membentuk 'rantai manusia' di masjid-masjid setempat sebagai wujud simbolis untuk melindungi mereka.

Aksi ini dilakukan di sejumlah masjid di berbagai wilayah negara itu.

Aksi 'rantai manusia' ini kebanyakan melibatkan warga non-muslim yang berdiri sejajar dan saling mengaitkan lengan atau berpegangan tangan di luar masjid-masjid untuk melindungi para jemaah yang sedang shalat di dalam masjid.

Baca: 15 Ribu Warga Selandia Baru Lakukan Aksi Hening

Dilaporkan media lokal New Zealand, Stuff.co.nz, Jumat (22/3/2019), aksi itu dilakukan di luar Wellington Islamic Community saat shalat Jumat digelar pada Jumat (22/3/2019) siang waktu setempat.
"Orang-orang berusaha memecah belah kami, tapi mereka mempererat kami bersama," ujar salah satu warga setempat yang ikut aksi ini.

Aksi serupa pun dilakukan warga yang datang ke Masjid Kilbirnie, pinggiran Wellington. Dilaporkan Radio New Zealand, ribuan orang berdiri di luar masjid untuk menunjukkan solidaritas kepada komunitas Muslim.

Baca: Berbau Politis, Erdogan Desak Selandia Baru Terapkan Hukuman Mati

Warga datang dengan memakai pakaian sopan untuk menghormati komunitas Muslim. Mereka kemudian membentuk rantai manusia di luar masjid saat shalat Jumat berlangsung.

Tampak Komisioner Kepolisian Selandia Baru Mike Bush, Wali Kota Wellington Justin Lester, anggota parlemen Grant Robertson, James Shaw dan Paul Eagle, dan para pemimpin komunitas keagamaan lainnya.

Aksi juga dilakukan di luar Masjid Tauranga, North Island, Selandia Baru. Radio New Zealand menyebut sekitar 1.500 orang mendatangi masjid itu untuk turut mengheningkan cipta secara nasional, lalu membentuk 'rantai manusia' saat jemaah menjalankan shalat Jumat.
Topik:
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas