Rusia Pastikan Tentaranya akan Tetap di Venezuela

Foto: Istimewa

Viral12jam.com - Rusia menyatakan bahwa mereka akan mempertahankan sekitar 100 tentaranya yang dikirim ke Venezuela pada akhir pekan lalu, meski Amerika Serikat (AS) menyerukan supaya mereka segera ditarik pulang.

Sebuah pesawat kargo Angkatan Udara Rusia Antonov-124 dan pesawat penumpang Ilyushin Il-62 yang membawa para tentara Rusia mendarat di bandara utama Venezuela di luar Caracas, pada akhir pekan lalu.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, melansir PressTV pada Jumat (29/3/2019), pasukan Rusia akan tetap di negara Amerika Latin tersebut selama mereka diperlukan.

"Kehadiran spesialis Rusia di wilayah Venezuela diatur oleh perjanjian antara pemerintah Rusia dan Venezuela tentang kerja sama militer dan teknis yang ditandatangani pada Mei 2001. Baik Rusia maupun Venezuela bukanlah bagian dari AS," ujar Zakharova.
Baca: Rusia Kirim Logistik dan 100 Tentara ke Venezuela

Senada dengan Zakharova, atase militer Venezuela di Moskow, Jose Rafael Torrealba Perez mengatakan bahwa tentara Rusia berada di negara itu di bawah kesepakatan tentang kerja sama militer dan teknis. Pasukan Rusia, menurutnya, tidak akan melakukan operasi militer baik di dalam ataupun di sekitar negara itu.

"Mengenai kehadiran spesialis Rusia, kami berbicara tentang kerja sama, kerja sama militer dan teknis. Kami sama sekali tidak membicarakan tentang kehadiran militer Rusia untuk melakukan operasi militer," tukas Perez.
Topik:
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas