ISIS Diklaim Telah Kalah, Keberadaan Al Baghdadi Masih Misterius

Pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi diduga tewas atau luka parah dalam serangan udara AS Jumat (7/11/2014) malam. Foto: AP

Viral12jam.com - Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) dinyatakan kalah. Kemenangan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) merebut Baghouz, desa kawasan timur Suriah yang berbatasan dengan Irak menjadi benteng terakhir ISIS menandai berakhirnya operasi intensif sejak 9 Februari.

Bagaimana nasib pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi? Ke mana perginya? Tersembunyi bahkan saat ISIS di puncak kejayaan, Baghdadi beberapa kali dikabarkan terluka hingga tewas. Namun, laporan itu belum terkonfirmasi.

Kini setelah wilayahnya terhapus dan kepalanya dihargai USD 25 juta, sekitar Rp 354,1 miliar, keberadaan Baghdadi masih teka-teki.

Baca: Donald Trump: ISIS Akan Lenyap dari Peta

Dikutip dari Kompas.com, Hisham al-Hashemi, pakar ISIS yang berasal dari Irak kepada kantor berita AFP menjelaskan, ada kemungkinan Baghdadi ditemani oleh tiga orang.
"Mereka adalah kakaknya Jumaa, sopir sekaligus pengawal Abdullatif al-Jubury yang dikenal sejak kecil, dan si kurir Saud al-Kurdi," ujar Hashemi.

Ia menyebut, keempat orang ini diyakini sedang bersembunyi di gurun Badia yang membentang dari kawasan timur dekat Irak hingga Provinsi Homs.

Di tempat itulah Hudhayfa al-Badri, putra sang pemimpin ISIS dilaporkan tewas setelah terkena serangan rudal presisi yang dilancarkan Rusia.

Baca: Ribuan Anggota ISIS Larikan USD 200 Juta ke Gunung dan Gurun

Berjuluk "Si Hantu", Baghdadi tidak nampak lagi setelah mengumumkan "kekhalifahan" ISIS di Masjid Nuri Mosul, Irak, pada pertengahan 2014.

Rekaman suaranya yang terakhir berisi seruan kepada para pasukan dirilis pada Agustus 2018, atau delapan bulan setelah Irak mengumumkan perang melawan kelompok militan itu telah usai.
Juru bicara SDF Mustafa Bali mengatakan, saat menekan benteng terakhir kelompok ekstremis itu, mereka tidak menemukan tanda-tanda Baghdadi ada di sana.

Namun sejumlah anggota ISIS yang menyerah dan keluar dari Baghdadi mengaku perintah untuk kabur itu datang sendiri dari pimpinanan.

"Jika Sang Khalifah tidak memerintahkannya, maka kami tidak akan meninggallkan tempat kami," ujar seorang perempuan anggota ISIS.

Tetap menjaga kerahasiaan, berbeda dengan mendiang Pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden, adalah alasan Baghdadi diyakini masih hidup sampai saat ini.
Topik:
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas