9 Kementerian Akan Gelar Festival dan Hari Sarung Nasional

Emilia Suhaimi, Dirut Smesco INDONESIA ketika konferensi pers di Jakarta. Foto: Kemenkop dan UKM

Viral 12 Jam - Sembilan kementerian tidak lama lagi bakal menggelar Festival Sarung Indonesia 2019 pada awal Maret tahun ini dan puncaknya pada 3 Maret 2019.

Tanggal itu pun ditetapkan sebagai Hari Sarung Nasional dan diresmikannya juga Rumah Sarung Indonesia (Rusari).
Emilia Suhaimi, Dirut Smesco INDONESIA dalam konferensi pers di Kemenkop dan UKM, Jakarta, Rabu (13/2/2019) menyampaikan, Smesco akan berpartisipasi dalam acara itu.

Baca: Disinggung Bos Bukalapak, Sandiaga Ikut Bicara Soal Dana R&D

"Kenapa festival ini ada, sarung itu budaya kita. Saat ini, sarung erat dengan ekonomi rakyat, UKM pengrajin sarung. Saat ini di Majalaya banyak yang tutup pabriknya, tinggal bangkai-bangkai mesin yang tidak beroperasi. Sarung tenun Majalaya di Smesco ada contohnya," ungkap Emilia.

Ia menuturkan, kesembilan kementerian ini di antaranya Kemenkop dan UKM yang menjadi leading sektornya, sementara Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga jadi ketua dewan pembina acara itu.

Baca: Rasakan Dunia Harry Potter di Negeri Sakura, Jepang

"Ini dalam rangka mempromosikan sarung sebagai salah satu warisan budaya Indonesia di kancah nasional dan internasional, dan mentransformasikan sarung menjadi trend setter dan gaya hidup modern, khususnya untuk generasi milenial, serta untuk mendorong ekonomi kerakyatan, khususnya UKM pengrajin sarung," jelas Emilia.
Tanggal 3 Maret adalah acara puncak festival di mana Presiden Joko Widodo diagendakan hadir untuk meresmikan Hari Sarung Nasional serta Rusari. Acara tersebut bakal digelar di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Baca: Berbagai Atraksi Bakal Ramaikan Festival Bau Nyale di Lombok

Festival bertajuk "Sarung Sebagai Identitas Budaya Pemersatu Bangsa" ini akan menggelar berbagai acara, mulai dari talkshow, karnaval pameran, fashion show, sampai pasar rakyat.

"Di sana itu ditargetkan dihadiri 13 ribu orang," ujarnya.

"Ada flashmob sarung, kunjungan milenial ke sentra-sentra sarung. Jagi ada pasar rakyat, seminar, talk show mulai tanggal 2 di GBK," bebernya.

Selain itu, akan ditetapkan duta sarung nasional. Digelar juga jalan sehat sarung di beberapa kota, musik, fashion, bazaar, dan parade serentak di 6 kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Kupang, Padang, dan Banjarmasin.

"Sarung itu kain yang dijait terhubung, apapun, mau batik, tenun, songket," pungkasnya./source
Topik:
Reaksi:

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 Viral 12 Jam / Template by Basri Matindas